3 Kiat Sukses Berdagang Ala Rasulullah saw

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk berbisnis. Bahkan, saat ini banyak yang mencoba peruntungannya untuk mememenuhi kebutuhan hidup dengan berdagang. Berdagang merupakan salah satu yang termasuk ke dalam profesi yang mulia. Rasulullah pun pernah bersabda dalam satu hadis yang riwayatkan Baihaqi yang berisi, “Sesungguhnya sebaik-baiknya usaha adalah usaha berdagang.”

Tuntutan inilah yang dianggap sebagai panutan bagi kita setiap umat muslim. Namun, sebelum mengikuti apa yang pernah dilakukan rasulullah, hendaknya kita juga memperhatikan apa saja yang membuat rasulullah sukses dalam berdagang di masanya. Berikut tim redaksi telah mengumpulkan infrormasi seputar kiat sukses berdagang Ala Rasulullah untuk Sobat Halal. Apa saja? Yuk simak.

1. Melakukan Bisnis Sesuai Dengan Syariah Islam
Dalam menjalankan bisnisnya, Rasullah melakukannya sesuai dengan syariat Islam seperti salah satunya tidak berlebihan dalam mengambil keuntungan. Bahkan, Semasa rasulullah, beliau berdagang dengan memberi tahu modalnya kepada pelanggan dengan jujur. Ketentuan ini pun juga sudah dijelaskan Allah dalam Al-quran surat Asy-Syuuraa ayat 20 yang berbunyi, “Barangsiapa yang menghendaki keuntungan akhiran, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan dunia, Kami berikan kepadanga sebagian keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu kebahagiaan pun di akhirat”.

Tak hanya itu, dalam agama islam pun dilarang melakukan bisnis secara riba. Riba berarti meminta penambahan jumlah uang dari nilai awal. Hal ini sangat bertentangan dengan syariat islam, yang mana pernah juga disampaikan oleh Rasulullah melalui sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR Muslim, “Rasulullah melaknat pemakan riba, pemberi riba, penulisnya, dan dua orang saksinya, dan sesunggunya mereka itu sama.”

2. Memperhatikan Etika Dalam Berbisnis
Semasa hidupnya, Rasulullah tidak pernah mengecewakan para pelanggannya. Beliau menggunakan etika saat menjalankan bisnis. Etika yang akan dibahas disini yaitu meliputi perilaku bisnis yang dibolehkan dalam Islam.

Perilaku yang pertama yaitu Niat yang tulus. Niat kan lah dalam berdagang dengan niat tidak hanya mencari rezeki, namun juga melakukan ibadah dan mencari ridha Allah. Niscaya rezeki yang didapatkan pun mendapat keberkahan.

Kedua, Berdagang dengan mengutamakan kejujuran dan memperhatikan kualitas barangnya. Semasa hidupnya, Rasulullah menjelaskan setiap barang yang dijual dijelaskan kelebihan dan kekurangannya. Beliau tidak pernah melebih-lebihkan. Hal tersebut membuat beliau mendapatkan ciri khas sendiri pada penjualannya. Tak heran, semasa itu beliau mendapat gelar “Al-Amin” yang berarti orang yang dipercaya. Kepercayaan pelanggan itulah memudahkan beliau saat melakukan bisnisnya. Bahkan, semasa hidupnya beliau pernah melakukan bisnis tanpa modal sepeserpun, beliau hanya menjualkan barang dagang milik orang lain atau saat ini bisa disebut dengan cara “Reseller”.

Tak hanya itu, dalam berdagang beliau pun selalu bersikap lemah lembut kepada pembeli. Sikap tersebutlah yang membuat pembeli-pembelinya selalu tertarik dan selalu membeli kepada beliau. Selain itu, sikap lemah lembutnya juga menciptakan tali silaturahmi sesama muslim, sehingga, ini jugalah yang membuat beliau mudah melakukan bisnis semasa hidupnya.

3. Tidak Mudah Menyerah
Sikap Selalu terus berusaha dan tidak menyerah ini patut ditiru. Karena, pada dasarnya tidak ada bisnis yang langsung bisa menjadi sukses. Dibutuhkan usaha dan doa didalamnya. Usaha Pun tidak hanya bisa sekali usaha saja, dibutuhkan usaha dan pengalaman yang terus digali untuk mencapai keuntungan yang baik. Allah swt pun juga sudah menjanjikan melalui Al-quran surat Yusuf ayat 27 tentang nikmat dan rahmat bagi hambanya yang terus mau berusaha. Ayat tersebut berbunyi, “… dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah hanyalah kaum yang kafir.”

Nah, itulah seputar kiat sukses berdagang ala rasulullah yang bisa Sobat Halal terapkan juga dalam bisnis. Dari informasi di atas, dapat kita ketahui bahwa selama berbisnis, rasulullah tidak hanya mendapatkan keuntungan materi saja, namun juga mendapatkan pahala dan ridha dari Allah swt. Tak hanya itu, beliau pun menjadi orang yang dipercaya oleh pelanggan-pelanggan sehingga terciptanya relasi antara pelanggan dan para pedagang-pedagang lainnya. Tips sederhana ini juga bisa Sobat Halal terapkan dalam berbisnis. Sekian dulu info dari tim redaksi kali ini, semoga setiap bisnis Sobat Halal dapat sukses dan berjalan dengan lancar. Aamiin.

Bagikan:

Menu