5 Kebaikan yang Bisa Didapat dengan Rutin Melaksanakan Shalat Dhuha

gaya hidup

            Selain shalat wajib, sebagai umat muslim kita juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah, salah satunya ialah shalat dhuha. Sebagaimana yang telah dituliskan dalam Hadist Riwayat Bukhari, no. 1178, dan Muslim, no. 721, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dia berkata, Kekasihku (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam) telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara agar jangan aku tinggalkan hingga mati; Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah melakukan shalat Witir.”

            Shalat dhuha merupakan shalat yang sangat dianjurkan Rasulullah, dimana pengerjaannya dilaksanakan 20 menit setelah matahari mulai terbit hingga 15 menit sebelum masuknya waktu salat zuhur. Tata cara shalat dhuha sama dengan shalat sunnah pada umumnya, yaitu minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Selain waktunya yang cukup panjang, shalat dhuha memiliki kebaikan atau manfaat yang dapat kita rasakan jika rutin melaksanakannya. Berikut Tim Redaksi rangkum untuk Sobat Halal.

1. Sebagai Pengganti Sedekah

            Sebagai ajaran yang sempurna, Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada setiap umatnya untuk selalu bersyukur dengan cara bersedekah. Tetapi bukan hanya bersedekah secara materi, juga bersedekah hingga setiap ruas tulang manusia yang ada. Sebagaimana sabda Nabi “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.” (HR Muslim 1181).

            Mengeluarkan sedekah untuk setiap ruas tulang badan merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Bersedekah yang dimaksud bukan berarti Sobat harus melakukan sedekah dengan tulang ya! tetapi bersedekah dengan mengucapkan Tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir. Rasulullah SAW bersabda “Setiap sendi tubuh setiap orang di antara kamu harus disedekahi pada setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahmid (Alhamdulillah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahlil (La ilaha illallah) sama dengan satu sedekah, satu kali takbir (Allahu Akbar) sama dengan satu sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Semua itu dapat dicukupi dengan melaksanakan dua rakaat shalat dhuha.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Jadi dengan melaksanakan shalat sunnah dhuha, sama halnya dengan kita melakukan sedekah.

2. Dimudahkan Segala Urusan

Shalat dhuha juga dapat memudahkankan segala urusan lho Sobat! Melakukan ibadah sunnah dhuha merupakan salah satu cara bagi seorang muslim untuk mendekatkan diri kepada Sang pencipta.  Dengan senantiasa bersujud dan memohon ampunan kepada Allah, segala urusan dunia maupun akhirat kelak akan dijamin kemudahannya. karena sebelumnya waktu dhuha merupakan waktu paling ijabah untuk berdoa. Kepercayaan tentang keajaiban akan timbul dikala kamu menjalankan sholat dhuha disertai khusuk dan ikhlas. Semua urusan kamu pada hari itu akan dimudahkan oleh Allah SWT.

3. Menggugurkan Dosa Dalam

Melakukan ibadah shalat dhuha secara rutin dapat menghapus segala dosa-dosa yang telah diperbuat semasa hidup. Bahkan diibaratkan sholat dhuha mampu menghapus dosa meski sebanyak buih di lautan. Hal ini tertuang dalam Hadist Riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah  “Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Bukan hanya itu, hadist lain juga turut memberikan penjelasan bahwa sholat dhuha mampu memberikan berbagai manfaat. Salah satunya adalah untuk menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat selama hidup.

Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud)

4. Terhindar dari Keburukan

Shalat dhuha dapat menjadi awal yang baik untuk memulai rutinitas di pagi hari. Jika mampu menempatkan ibadah ini layaknya ibadah fardhu atau sesuatu yang wajib dikerjakan, tentu akan berimbas pada perilaku-perilaku lainnya. Dengan begitu perilaku-perilaku negative  yang memiliki potensi besar untuk dilakukan bisa terminimalisir.

Dalam hal ini, umat Muslim yang rajin menunaikan sholat sunah termasuk sholat dhuha dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kapada Allah SWT. Dengan begitu, Allah akan senantiasa memberikan kemudahan dan perlindungan kepada hambanya. Allah pun akan menghindarkan dari segala macam keburukan yang dapat menimpanya.Bahkan Allah SWT menjanjikan, setiap umatnya yang rajin melaksanakan sholat dhuha akan diberikan pahala yang berlimpah dan kebaikan surge, seperti diterangkan dalam sebuah hadist :

            “Barangsiapa yang salat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

5. Membuat Wajah Lebih Bercahaya

Kebaikan sholat dhuha juga dapat membuat wajah kelihatan lebih bercahaya bagi setiap orang yang rutin mengerjakannya. Manfaat sholat lima kali bagi muslim yang selalu melakukannya, maka mukanya terlihat cerah, dikarenakan hampir tiap saat mencuci muka atau sedikitnya lima kali sehari.Apalagi dengan ditambahnya pelaksanaan Sholat Dhuha, maka akan semakin cerah wajah seseorang. Kalau wajah kita cerah, pasti kecantikan akan semakin memancar.

Di samping itu, sholat dhuha juga mampu mencegah kondisi stres yang dapat menyebabkan wajah menjadi muram, redup, dan tidak bersemangat. Maka dari itu, dengan menunaikan sholat dhuha pikiran menjadi lebih tenang, beban berkurang, dan wajah pun akan terlihat lebih berseri dan penuh semangat.

Itulah sedikitnya 5 kebaikan yang bisa didapat dengan mengerjakan shalat dhuha, semoga bisa menjadi dorongan bagi Sobat Halal maupun Tim Redaksi untuk terus mengamalkannya.

Bagikan:

Menu