5 Rekomendasi destinasi wisata jika berkunjung ke Aceh

tourism

Mendengar nama kota Aceh, kembali mengingatkan kita pada bencana alam yang terjadi pada tahun 2004 silam. Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 lalu, tsunami telah melanda daerah Naggroe Aceh Darussalam, yang mengakibatkan kerusakan sangat serius. Gempa yang terjadi pada akhir tahun 2004 itu merupakan bencana alam terdahsyat ketiga yang bisa dicatat sejarah. Dengan kekuatan gempa bermagnitudo 9,3 telah menyebabkan tsunami yang menyapu dataran setinggi sekitar 51 meter. Lebih dari 150 ribu orang meninggal dan hilang. Selain itu, tak kurang dari 500.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Selang waktu berlalu, Kota yang berada di ujung Sumatera ini bangkit dan berkembang menjadi kota yang indah dan sangat patut untuk dijadikan tujuan destinasi wisata.

Berikut tim redaksi berikan beberapa rekomendasi objek wisatu yang patut Sobat Halal kunjugi sat berlibur ke Aceh!

1. Masjid Raya Baiturahman

Masjid yang terletak di tengah pusat kota Aceh ini, dibangun oleh Sultan Iskandar Muda, Pada tahun 1612, sebagai masjid kerajaan Aceh pada masa kemimpinannya. Pada masa itu, masjid ini di bangun dengan beratapkan lapisan jerami yang merupakan arsitektur Aceh. Seiring berjalannya waktu Masjid Raya Baiturahman ini terus direnovasi hingga menjadi bangunan yang megah seperti sekarang.

 

Selain itu, Rumah ibadah yang menjadi ikon Provinsi Aceh ini juga menjadi saksi dahsyatnya bencana alam tsunami yang terjadi pada akhiir tahun 2004. Masjid ini ikut diterjang gelombang yang menewaskan lebih  dari 150 ribu jiwa , Namun, Masjid ini tetap kokoh berdiri diantara bagunanan yang telah hancur terbawa gelombang.

Dilansir dari NativeIndonesia.com, Masjid ini dapat menampung hingga 1900 jamaah didalamnya. Dengan arsitektur yang mirip dengan bangunan megah Taj Mahal di India dapat memberikan nuansa sholat seperti di Masjid Nabawi. Tak hanya bagian interiornya saja yang indah, bagian taman Masjid pun dipenuhi rumput yang berwarna hijau segar, membuat pemandangan masjid ini tampak begitu sejuk dan asri, serta dihiasi oleh kolam dengan air mancur yang ada di halaman Masjid.

2. Museum Tsunami Aceh

Sebuah bangunan museum yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Aceh pada akhir tahun 2004, dinamai “Museum Tsunami Aceh”. Museum ini menjadi pengingat sekaligus monument penghargaan bagi orang-orang yang telah berjuang untuk bertahan hidup saat bencana alam itu menerjang. Selain berfungsi sebagai objek wisata, Museum ini juga dijadikan tempat perlindungan darurat jika terjadi tsunami .

Museum yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Baiturrahman, Banda Aceh ini berposisi sangat dekat dengan Masjid Baiturrahman. jadi kamu bisa mengunjungi dua tempat dalam waktu yang berdekatan.

Monumen ini memiliki banyak hal yang bisa di eksplorasi. Ketika memasukinya, Sobat akan melewati lorong kecil dengan pencahayan minim, dan adanya suara adzan ditambah percikan air yang dapat membuat perasaan menjadi emosional. Selanjutnya, ada ruangan yang dinamakan “Sumur Doa”. Di dinding ruangan tersebut tertera nama-nama korban bencana tsunami yang terjadi di penghujung tahun 2004, dengan pencahayaan yang remang diiringi lantunan ayat suci al-quran yang dapat membuat kita mengingat kembali betapa besarnya nikmat yang di berikan Allah SWT.

3. Kapal Apung

Tempat wisata “Kapal Apung “  ini merupakan kapal generator listrik milik PLN Banda Aceh. Kapal ini sebelumnya berada di laut, akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004, kapal dengan bobot 2.600 ton ini terseret ke daratan.

 

Saat ini, kapal yang berbobot sangat berat ini telah disulap menjadi museum edukasi. Pengunjung dapat melihat video dan membaca tentang seluk beluk kapan dan kenapa terjadinya tsunami. Tak hanya itu, di atas kapal juga disedikan teropong besar, bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan alam kota Serambi Makkah ini dari ketinggian kapal.

4. Pantai Lampuuk

Menikmati terik matahari, berselancar di ombak laut yang biru, dan menunggu keindahan matahari terbenam, tidak hanya bisa dinikmati di Bali. Aceh memiliki “Pantai Lampuuk” yang keindahan pantainya tak kalah jauh dari Bali.

 

Pantai yang berlokasi di Jalan Raya Lampuuk Desa Meunasah Masjid Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh ini akan memanjakan Sobat dengan panoramanya yang sangat indah, deburan ombak yang syahdu dan pasir putih yang begitu lembut. Dengan lokasi pantai yang lumayan jauh dari perkotaan, sangat cocok bagi sobat untuk melepas penat dari hiruk pikuk suasana kota yang bising.

Sangat banyak kegiatan yang bisa Sobat Halal lakukan saat berkunjung ke Pantai Lampuuk ini. Mulai dari berjemur, berenang sembari bermain ombak, membuat istana pasir, berselancar, dan juga bermain banana boat.

5. Pucoek Krueng Raba, Lhoknga

Pucok Krueng merupakan sebuah kawasan di hulu sungai yang asri dengan tanaman yang tertata rapi. Pucoek Krueng ini terletak di kawasan Muara Krueng Raba yang lokasinya masih di di sekitar Pulo Kapuk di kawasan Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

Pucok Krueng ini memiliki pemanangan yang sangat indah,dan masih sangat asri. Air yang berwarna hijau muda dan jernih, berasal langsung dari pegunungan batu yang mengelilinginya, membuat air yang ada di sekitaran sungai ini sangat jernih, dan belum terkontaminasi limbah pabrik atau zat kimia lainnya yang dapat merusak kualitas air.

Tebing-tebing batu kapurnya mengapit tempat ini membuat pemanangan di sekitaran Pucok Krueng menjadi sangat indah. Selain itu, terdapat Goa yang berada di salah satu sisi kolam yang bertembok bukit batu. Seperti Goa pada umumnya, Goa ini memiliki penghuni “tetap”, yaitu kelelawar.

Alami dan segarnya air di Pucok Krueng ini, membuat wisatawan dapat berenang sambil menikmati udara bersih dan angin yang semilir. Selain berenang, wisatawan juga dapat menguji adrenalin dengan melompat dari tebing-tebing tinggi ini dari ketinggian 10 meter. Sambil menikmati tempat ini, wisatawan dapat melihat hewan-hewan yang menempati tempat ini, seperti landak, ular juga burung.

Itu 5 rekomendasi wisata Aceh dari tim redaksi yang bisa Sobat Halal Kunjungi saat berlibur ke kota Serambi Makkah ini.

Sampai di sini dulu ya rekomendasi dari tim redaksi. Jangan lupa untuk terus pantau destinasi-destinasi lainnya!

Bagikan:

Menu