Alasan anda memilih jurusan hukum ekonomi syariah

Apa yang dimaksud dengan ekonomi syariah

Belakangan ini banyak bermunculan produk-produk syariah yang sedang tren. Mulai dari perbankan syariah, keuangan syariah, hingga sampai ke produk seperti spa syariah dan hotel syariah. Produk ini sebenernya bukan produk baru diperbicarakan. Namun, seiring berjalannya kebanyakan dari masyarakat sudah beralih ke gaya hidup yang halal. Dan masyarakat sudah mulai mengerti tentang produk syariah.  tentunya produk dari syariah ini merupakan produk ekonomi.

Ekonomi syariah atau yang biasa disebut ekonomi Islam ialah ilmu ekonomi yang menggunakan prinsip-prinsip Islam. Namun dari Monzer Kafh seperti dilansir di finance detik menyebutkan bahwa ekonomi dan islam tidak dapat berdiri sendiri-sendiri. Pada dasarnya ilmu pengetahuan sosial ini tidak bisa dipisahkan dalam prinsip dan nilai-nilai islam. Dan ekonomi Islam menekankan kepada karakteritik tentang subjek dan didasari dari nilai-nilai islam. Oleh sebab itu, nilai agama islam tidak bisa dipisahkan dari ekonomi bagi penganut beragama islam.

Manfaat dari ekonomi syariah

Sebelum kita memilih jurusan hukum ekonomi syariah kita harus tahu dahulu apa sih manfaat dari ekonomi syariah? sebenarnya dengan nilai-nilai yang ada didalam Islam, secara prinsipnya tidak ada yang buruk.  Etika yang ada di syariah bersifat kebaikan dan norma-norma yang dianggap tidak jelek. Terutama dengan menjalankan hukum syariat untuk orang islam itu sendiri. Maka insyallah segala sesuatunya dipermudah dan mendapatkan manfaat bagi kita sendiri. Berikut ini merupakan manfaat dari ekonomi syariah:

1, terjaganya iman dan agama kita. Tentunya dengan penerapan syariat Islam sesuai dengan ketentuan yang ada di Alquran dan Hadist. Maka dengan mengikuti hadist dan alquran tersebut kita terjaga iman dan agama kita.

2. terjaga keturunan. Tentunya harta yang nanti akan kita miliki akan turun hingga cucu kita. Dengan kita mengamalkannya maka Allah SWT akan menjaga keturunan kita.

3. membuat meratanya ekonomi. Segala sesuatu yang akan yang terlihat berat dan menyakitkan, aka nada hikmah yang membawa kemaslahatan. Dalam hal ini secara skala besar semua akan berperan dalam ekonomi ini, seperti zakat dan sadaqah akan membuat ekonomi rakyat jadi lebih baik.

Didalam itu maka ekonomi syariah bersifat penyeimbang dan mementingkan untuk kepentingan umat kemaslahatan. Oleh sebab itu, masyarakat tidak akan merugi dan tahan akan krisis. Dari sini maka manfaat dari mempelajari hukum ekonomi syariah sangat banyak. Lalu kenapa anda memilih jurusan ini. berikut alasannya

Alasan Memilih Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
  1. Ekonomi syariah yang sedang naiknya.

Dengan adanya peningkatan pertumbuhan perbankan syariah dan produk seperti financial teknologi syariah maka perusahaan-perusahaan ini akan terus mencari orang-orang yang mampu menjelaskan dari produk. Bukan hanya menjelaskan dari produk ini namun, mereka produk-produk ini memperlukan edukasi yang lebih lanjut. Untuk itu, orang-orang yang memiliki pemahaman ekonomi syariah ini banyak yang dicari.

  • Belum banyaknya ahli hukum Ekonomi Syariah

Bukan berati di Indonesia tidak ada Ahli Ekonomi Syariah, bahkan seperti diketahui ada organisasi yang disebut IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam). Namun seperti kita ketahui dengan banyaknya produk syariah yang ada. tentunya tidak mungkin orang tidak berhubungan dengan hukum. Dari hal kecil seperti drafting perjanjian sampai kontrak-kontrak secara syariah. Oleh sebab itu, didalam jurusan ini terdapat banyak pekerjaan yang bisa dilakukan. Seperti menjadi pekerja disalah satu Kementrian Keagamaan, staf keagamaan atau KUA, bahkan sampai ke Badan Arbitrase Syariah Nasional (Basyarnas).

  • Menjadi Professional di dua tempat

Selain anda belajar mengenai hukum dan syariat, anda juga belajar ekonomi. Pelajaran-pelajaran ini biasa yang diambil dengan pelajaran fakultas ekonomi. Dengan ini anda bisa menambah wawasan menjadi pengusaha, atau bekecimpung di sisi professional. Dengan presepektif di keduanya anda bisa dapat memposisikan anda di angle yang berbeda dan tentunya sesuai dengan syariat.

Siapa saja yang memiliki jurusan hukum ekonomi syariah berikut listnya:

  1. University of Darussalam Gontor (UNIDA), Pronogo, Jawa Timur
  2. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Karim Riau, Riau
  3. IAIN Purwakerto, Purwakerto, Jawa Tengah
  4. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, Jawa Timur
  5. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon
  6. IAIN Surakarta
  7. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta,Jawa Tengah

Bagikan:

Menu