Asuransi Prudential Syariah

PRU Syariah

Perkembangan investasi syariah belakangan ini semakin diminati masyarakat, karena ada “manfaat” tambahan yang dapat dihitung sebagai keuntungan bila berinvestasi di bidang ini. Dalam hal ini khususnya adalah investasi berjenis asuransi yang berbasis syariah.

Asuransi syariah memiliki akad tersendiri dan berbeda dengan akad konvensional. Masyarakat yang sudah mulai sadar dengan gaya hidup syar’i tentu akan lebih berminat pada sistem pengelola keuangan berbasis syariah.

Asuransi Prudential Syariah

Atau kerap disingkat Pru Syariah merupakan bagian dari PT Prudential Life Assurance yang awalnya bernama PT Prudential Banc Bali Life Assurance.

Pru Syariah pertama kali diluncurkan pada tanggal 17 September 2007 dan dikelola oleh Prudential Fund Management Berhad (PFMB), sejenis manajer investasi yang berkedudukan di Malaysia.

Pru Syariah ini adalah asuransi syariah yang berupa usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang (jama’ah) melalui investasi. Baik dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan peluang pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui perjanjian (akad) yang syar’i.

Prinsip-prinsip syariah yang dipakai oleh Pru Syariah

  • Sistem asuransi yang didasarkan pada prinsip tolong-menolong (ta’awun), saling menjamin, tidak berorientasi pada bisnis materi semata.
  • Sistem asuransi yang tidak bersifat mu’awadhod atau akad jual-beli yang menguntungkan. Tetapi sistem yang menerapkan kerja sosial yang bersifat tabarru’ (melepaskan beban orang lain). Tabarru’ adalah sama dengan hibah (pemberian), jadi haram bila dana tabarru’ ini diminta kembali.
  • Setiap orang yang menyetorkan uang dalam jumlah tertentu adalah bersifat sebagai tindakan menyumbang, membantu meringankan beban dengan prinsip ukhuwah dan jamaah. Dan setiap orang yang menyetor dana untuk tujuan tersebut akan diberi ganti rugi/santunan kerugian menurut izin yang diberikan jamaah.
  • Dana yang apabila akan dikembangkan, harus diinvestasikan pada lembaga keuangan non-ribawi. Seperti institusi keuangan yang menerapkan sistem imbal hasil/ekuitas yang syar’i, bukan bisnis yang dilarang secara syar’i.

Produk-produk Asuransi Prudential Syariah

PRU syariah mengeluarkan beberapa produk asuransi syariah dan dapat disesuaikan dengan keperluan anggota dalam merencanakan pengelolaan keuangannya dan manfaat pertanggungan atas resiko yang akan dihadapinya.

1. PRUlink Syariah Assurance Account (Asuransi Jiwa)

Produk ini merupakan asuransi jiwa terkait investasi berdsarkan prinsip syariah dengan pembayaran kontribusi secara berkala yang memberikan fleksibilitas tak terbatas.

2. PRUprime Healthcare Syariah (Asuransi Kesehatan)

Produk ini memberikan perlindungan kesehatan berbasis syariah dengan jangkauan tak hanya di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri.

3. PRUlink Syariah Edu Protection (Asuransi Pendidikan)

Asuransi ini memberikan proteksi sekaligus manfaat investasi (unit link). Selain itu, Anda juga mendapatkan manfaat ganda berupa perlindungan bagi orang tua maupun anak Anda sekaligus dalam satu polis.

4. PRUCrisis Cover Benefit Plus Syariah 61

Produk ini memberikan proteksi komprehensif terhadap kondisi kritis dengan konsep asuransi syariah. Perlindungan yang diberikan adalah proteksi terhadap 60 penyakit kritis stadium akhir. Peserta asuransi juga akan mendapatkan tindakan angioplasty dan tindakan lainnya untuk penyakit pembuluh darah jantung.

5. PRUearly Stage Crisis Cover Plus Syariah

Produk ini memberikan proteksi terhadap kondisi kritis sejak awal. Klaim dapat diajukan saat kondisi tersebut berkembang mencapai stadium lanjut. Dengan proteksi yang didapatkan, Anda akan mendapatkan pengganti biaya pengobatan kondisi kritis setelah mengetahui hasil diagnosa.

6. PRUlink Term Syariah

Produk ini adalah manfaat tambahan yang diberikan jika peserta utama meninggal dunia sebelum masa asuransi PRUlink term syariah. Peserta yang mendapatkan manfaat tersebut sudah harus terlebih dahulu memiliki polis dasar PRUlink Syariah Assurance Account. Perlindungan tambahan hanya untuk resiko kematian saja.

7. PRUlink Syariah Generasi Baru

Merupakan salah satu produk investasi terbaru yang memberikan proteksi atau perlindungan jiwa hingga usia 99 tahun.

Sebagai informasi tambahan, Asuransi Prudential Syariah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional. Dengan demikian, tidak ada keraguan lagi mengenai konsep syariah yang diusung oleh Prudential.

Bagikan:

Menu