Beragam Bisnis Sandiaga Uno

Siapa yang tak mengenal sosok Sandiaga Salahuddin Uno? Ia merupakan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 yang mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto kala itu dalam pemilihan presiden 2019. Sebelumnya, ia menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Tak hanya itu saja, ternyata dirinya juga dikenal sebagai salah satu orang paling kaya di Indonesia.

Beragam bisnis Sandiaga Uno menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan selama ini. Berikut penulis sajikan 5 perusahaan milik Sandiaga Salahudin Uno, dilansir dari wiki.karinov.co.id :

  1. Saratoga Investama Sedaya

Sandiaga Uno mendirikan perusahaan ini bersama dengan Edwin Soeryadjaya di tahun 1998. Edwin sendiri adalah anak dari pemilik Astra internasional, William Soeryadjaya. Saratoga Investama Sedaya saat itu dibangun dengan tujuan dapat memberikan investasi dalam bentuk dana segar ke beberapa perusahaan.

Saat itu Saratoga muncul tepat di waktu krisis moneter sedang melanda Indonesia. Kala itu banyak saham yang berguguran dan tak sedikit perusahaan pun memerlukan tambahan dana. Beberapa perusahaan pun sudah pernah diakuisisi, namun setelah itu sahambnya dijual kembali. Sebagai contohnya PT Disapena Citra Darmaja, PT Astra Microtronics, dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN.

  1. Adaro Energy

Melalui Saratoga Investama, Sandiaga Uno akhirnya mempunyai hak milik atas Adaro Energy di tahun 2001. Bisnis ini merupakan perusahaan tambang batu bara paling besar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Spanyol di tahun 1982. Namun, atas dasar konsorsium perusahaan Australia serta Indonesia perusahaan ini dapat dibeli sahamnya sebesar 80%.

  1. Mitra Pinasthika Mustika

Mitra Pinasthika Mustika (MPM) juga salah satu dari usaha Sandiaga Uno. Perusahaan ini didirikan oleh William Soeryadjaja di tahun 1987. MPM memfokuskan sektor di bidang otomotif. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, seperti Federal Karya Utama, yakni perusahaan oli Federal, MPM Motor, Artha Finance, MPM Rent, MPM distributor hingga MPM Insurance.

Perusahaan milik Sandiaga Salahauddin Uno ini berasal dari pemberian dana investasi. Grup bisnis yang satu ini memperoleh keuntungan yang sangat besar, bahkan di tahun 2013 keuntungan bisnis mencapai 411 miliar rupiah dalam jangka waktu 9 bulan.

  1. Provident Agro

Sandiaga Uno pun menggarap bisnis di sektor perkebunan kelapa sawit. Provident Agro berdiri tahun 2006 melalui investasi di Saratoga. Pada saat itu, kepemilikan Saratoga pada perusahaan ini mencapai 50%, namun akhir-akhir ini berkurang menjadi 44,8%. Rupanya, di tahun 2017 perusahaan ini mendapat keuntungan yang sangat besar sehingga hanya untuk dividen pemegang saham saja mencapai Rp 177,99 miliar.

  1. Medco Power Indonesia

Perusahaan yang satu ini berada di bidang sektor energi, Sandiaga Uno juga berinvestasi di Medco Power Indonesia. Perusahaan ini sendiri telah didirakn oleh Arifin Panigoro di tahun 1980. Kemudian melalui Sandiaga, Thomas Andi membeli saham Medco pada tahun 2012 sebesar Rp 1,62 triliun. Dengan investasi yang sangat besar ini, Sandiaga sukses menguasai 50% saham Medco.

Itulah 5 perusahaan milik Sandiaga Salahudin Uno yang menjanjikan hingga ia dijuluki sebagai orang terkaya di Indonesia.

Bagikan:

Menu