Rekomendasi film religi untuk anak – anak

Mengenalkan dan mengajari anak tentang Agama, ternyata bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kini sudah banyak metode pengajaran yang bisa dipahami dan dimengerti oleh anak.

Menonton serial film kartun Islami bisa menjadi salah satu cara jitu untuk mendidik anak di usia dini. Gambar visual yang mewakili warna, gerak serta suara bisa melatih sensorik anak sehingga mudah menerima pembelajaran Agama yang disampaikan.

Lantas, film kartun apa saja yang bagus untuk tontonan si kecil? Dilansir dari idntimes.com

1. Si Kembar Upin & Ipin

Dirilis tahun 2007, film kartun Upin & Ipin

tetap menjadi tontonan yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Kartun ini berasal dari negeri Jiran, Malaysia yang menceritakan tentang kehidupan saudara kembar, Upin & Ipin dikisahkan sebagai anak yatim piatu yang tinggal bersama nenek dan kakak perempuannya.

Setiap episodenya, tayangan ini selalu menceritakan tentang keseharian anak berusia 5 tahun yang baik dan pandai bergaul. Sesekali film ini menceritakan bagaimana suasana bulan Ramadan, Lebaran hingga hari-hari besar lainnya. Tak lupa Upin & Ipin juga kerap mengajarkan doa-doa, seperti doa makan, doa sebelum tidur, doa kedua orang tua, doa ingin belajar, dan masih banyak lagi.

2. Nusa dan Rara

Nusa dan Rara merupakan film garapan anak-anak muda Indonesia yang ingin memberikan tontonan berkualitas bagi anak di Indonesia. Miris sekali dengan keterbatasan tontonan anak-anak, akhirnya mendorong Mario Irwinsyah beserta 4 Stripe Produtcion untuk menghadirkan sosok Nusa dan Rara.

Tak di sangka, pada tayangan perdana di Youtube, viewers Nusa dan Rara mencapai 3,5 juta penonton. Film ini menceritakan tentang keseharian kakak dan adik yang melakukan aktivitas diiringi informasi seputar Agama dan doa-doa. Adapula sosok Umma yang selalu mendampingi keduanya dalam meraih pahala.

Nusa dan Rara juga menyelipkan lagi-lagu untuk memudahkan anak-anak dalam menghapalkan doa, rukun Islam, rukun Iman, dan lainnya. Selain itu, Nusa juga dikisahkan sebagai penyandang celebral palsy, yaitu gangguan otot dan saraf pada salah satu kakinya sejak bayi sehingga mengharuskannya menggunakan kaki palsu. Tapi hal ini tidak membuat Nusa berkecil hati, tetapi untuk selalu mensyukuri apa pun yang diberikan oleh Allah Swt.

3. Syamil dan Dodo

Film kartun religi Syamil dan Dodo tayang untuk menemani anak-anak di bulan Ramadan tahun 2013 ini sukses memikat jutaan penonton serta mendapat penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai tontonan anak berkualitas. Dua tokoh dalam film ini kerap menghadirkan perilaku sopan dan santun agar bisa dicontoh oleh anak-anak.

Adapula informasi tentang ajaran Agama Islam. Sosok Dodo yang lucu, kepala botak, jahil, dan ceria yang diimbangi dengan Syamil yang pintar dan sabar menghadapi Dodo. Keduanya juga sering mengingatkan kita untuk selalu bersyukur serta mengikuti segala kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah Swt.

5. Adit dan Sopo Jarwo

Film kartun religi karya anak Indonesia ini pertama kali tayang pada tahun 2014. Karakter dalam film Adit dan Sopo Jarwo ini memang telah tekat dengan penonton setia di Indonesia. Kartun ini menceritakan tentang kehidupan sebuah kampung yang ditinggali oleh warga dari berbagai macam suku di Indonesia.

Adit seorang anak murid sekolah dasar yang harus berurusan dengan Sopo dan Jarwo seorang pereman kampung yang lucu dan selalu menggelitik. Sesekali film ini menyelipkan nilai-nilai Islami dengan menghadirkan sosok pak Rt dan pak Ustaz. Film ini juga diharapkan bisa menyetarai kesuksesan film Upin & Ipin.

Bagikan:

Menu