Ini 4 Alasan Mengapa Pentingnya mengonsumsi Makanan Halal

kuliner

Berbicara mengenai makanan, makanan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari oleh manusia. Makanananpun tidak bisa sembarang makan, karena apa yang kita makan akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Seperti, jika seseorang rajin mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, maka akan berdampak baik juga bagi tubuhnya. Begitu Pula halnya dengan umat muslim.

Bagi umat muslim, wajib hukumnya untuk mengonsumsi makanan yang bersifat halal. Tidak hanya halal dari jenis dan zatnya saja, namun juga harus halal dari cara memproses dan halal cara memperolehnya. Hal ini juga sudah diatur di dalam Al Qur’an surah Al-Baqarah ayat 173 yang artinya “Makanan yang halal juga berarti makanan yang tidak mengandung darah, daging babi, bangkai dan tidak disembelih atas nama Allah S.W.T”

Tidak hanya itu, umat muslim juga diperintahkan agar hendaknya membaca doa dan mengucap bismillah sebelum menyantap makanan, agar setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh diridhoi dan mendapat berkah dari Allah SWT.

Makanan yang halal akan mendapatkan banyak manfaat bagi umat manusia. Setiap makanan yang dilarang tersebut pasti mengandung hikmah yang baik, seperti mendapat keberkahan dan berdampak baik bagi kesehetan tubuh. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa pentingnya untuk mengonsumsi makanan halal bagi manusia, khususnya umat muslim. Apa saja? Yuk simak.

1). Terhindari dari Penyakit

Alasan pertama mengapa pentingnya untuk mengonsumsi makanan halal, yaitu dapat terhindari dari penyakit. Seperti, adanya larangan untuk memakan darah. Menurut beberapa penelitian, darah mengandung bakteri, beberapa penelitian lagi juga menjelaskan bahwa darah merupakan sarang dan media yang baik untuk perkembangan bakteri. Pada beberapa data lainnya, ditemukan fakta bahwa darah tidak memiliki kandungan gizi apapun.

Dikutip dari salah satu penelitian di Univesitas Padjajaran, menyimpulkan bahwa jika darah dikonsumsi oleh manusia, maka akan mnimbulkan penyakit. Karena, darah merupakan media yang subur bagi bakteri. Pada kasus lain, darah dapat menyebabkan keguguran bagi Ibu hamil.

Begitu juga bangkai yang haram untuk dimakan, karena darah dari hewan yang mati itu tidak keluar. Hal ini mampu mengakibatkan penyakit atau senyawa-senyawa berbahaya lainnya ikut masuk ke tubuh kita bersama daging bangkai tersebut.

Contoh lain dapat dilihat juga pada larangan untuk mengkonsumsi hewan bangkai. Dari larangan ini, manusia dapat terhindar dari penyakit, karena pada hewan bangkai terdapat bakteri yang akan berdampak buruk bagi tubuh.

Oleh karena itu, inilah alasan mengapa Islam menganjurkan kita sebagai umat muslim untuk mengikuti laranganNya. Karena makanan halal dapat menjahui kita dari bakteri serta virus yang berbahaya bagi tubuh.

2). Mendapatkan Berkah dari Allah SWT

Setiap makanan yang halal, maka akan diridhoi oleh Allah SWT. Karena, diperoleh dengan cara yang baik dan mengandung zat yang baik pula . Makanan yang mendapat berkah dari Allah yatu makanan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

3). Meningkatkan Imam dan Terjaga Akhlaknya

Disaat kita mematuhi perintah Allah agar tidak mengonsumsi makanan haram, maka kita akan termasuk ke dalam hamba yang bertakwa, karena telah menjahui segala larangan-Nya. Dengan mongonsumsi makanan halal, berrarti kita sudah taat pada perintah-Nya dan merupakan sebagai salah satu bentuk rasa cinta kepada Allah SWT. sebagai sang pencipa.Dari sini, dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan halal, dapat meningkatkan Imam kepada Allah SWT.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan halal dapat juga menjaga akhlak seseorang, karena makanan yang masuk ke dalam tubuh bersifat suci dan terhindar dari penyakit hati. Makanan yang halal juga membuat kita berfikir positif baik hati maupun pikiran, sehingga kita dapat menjaga akhlak kita di dalam kehidupan sehari-hari.

4). Mendatangkan Rezeki

Makanan yang halal, bukan hanya dari segi zatnya saja, namun dapat dikatanan bahwa makanan tersebut halal yaitu dari cara memperolehnya. Jika kita sudah terbiasa untuk mencari rezeki dengan cara yang halal, maka Allah SWT menjanjikan bagi setiap hamba-hambanya yang senantiasa sabar dan beriman dengan dicukupkan rezekinya selama di dunia.

Nah, itulah 4 Alasan mengapa pentingnya untuk mengonsumsi makanan halal. Sebagai umat muslim, kita wajib untuk selalu mengikuti perintah dan larangan-Nya yang juga telah dijelaskan dalam Al-quran dan Hadits, agar selama hidup di dunia kita mendapat ridho dari Alah SWT.

Bagi kamu yang ingin mengonsumsi makanan halal, saat ini makanan halal dapat dikenal jika sudah memiliki sertifikasi dari BPOM dan MUI, so jangan lupa untuk cek terlebih dahulu ya sebelum mengkonsumsi. 

Bagikan:

Menu