Ini,3 manfaat olahraga panahan yang dianjurkan Rasulahllah

gaya hidup

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang diperlukan oleh tubuh kita. Dengan melakukan olahraga secara rutin, adalah satu langkah untuk mengantisipasi diri terhadap timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya dalam tubuh. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Namun, sebagai umat muslim sebaiknya kita melakukan olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah, salah satunya adalah memanah.

Rasulullah bersabda “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari/Muslim). Sementara, dalam kesempatan lain, Rasullullah bersabda, ”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim). Dari hadist tersebut, terlihat dengan jelas bahwa memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.

Bukan tanpa alasan kenapa Rasulallah menyukai olahraga ini, yuk simak beberapa manfaat dari olahraga memanah di bawah ini.

1. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Olahraga panahan akan melatih fokus dan konsentrasi bagi seorang pemanah. Aktivitas memanah yang mengharuskan seseorang menyaring gangguan yang ada di sekitar, mengharuskan Sobat fokus pada target dan anak panah. Semakin fokus seorang pemanah kepada target, maka akan mudah baginya untuk menancapkan anak panah tepat pada target.

Keterampilan ini juga akan sangat bermanfaat dan membantu kita dalam menghadapi situasi-situasi stres dan menekan dalam hidup.

2. Melatih Koordinasi

Koordinasi mata dan tangan sangat diperlukan dalam olahraga panahan. Dengan berbagai gerakan yang dilakukan bersamaan, yaitu membidik dan menembakkan anak panah kepada target berdasarkan apa yang dilihat oleh mata. Tentunya dengan berlatih, koordinasi akan semakin meningkat.

Tidak hanya dalam olahraga panah, koordinasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saja dalam kesuksesan seorang individu dalam menjalankan pekerjaannya. Jika seseorang tidak berhasil dalam menkoordinasikan pekerjaannya, maka bisa jadi hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

3. Membangun Kekuatan Otot

Olahraga ini memang hanya menggunakan gerakan tangan saja. Tetapi bukan berarti olahraga panahan tidak dapat membangun kekuatan tubuh ya Sobat Halal!

Gerakan menarik panah melibatkan kekuatan otot sekitar dada, tangan, lengan, dan juga punggung bagian atas. Dengan pengulangan, gerakan tersebut akan memperkuat dan membangun kekuatan otot.

Itu beberapa manfaat dari olahraga panahan yang Tim Redaksi rangkum untuk Sobat Halal.

Nah, bagi Sobat Halal yang tertarik untuk mencoba berlatih panahan, Al-Ihsan Archery yang bertempatan di depan masjid Al-Ihsan Graha Cinere, Limo, Depok bisa menjadi salah satu pilihan. Komunitas yang dibentuk pada tahun 2018 ini, awalnya hanya memiliki 2 anggota. Namun, berkat kegigihan dan ketekunan kedua anggota tersebut, komunitas Al-Ichsan mulai berkembang hingga sekarang sudah memiliki anggota kurang lebih 80 orang.

Tak hanya warga dari Graha Cinere saja yang menjadi anggota komunitas panahan ini, tetapi ada sebagian anggota yang berasal dari daerah Sawangan, hingga Ciledug. Untuk anggotanya sendiri, Al-Ihsan Archery tidak memiliki batasan umur. Dimulai dari anak-anak hinga dewasa bisa menjadi bagian dari keanggotan komunitas.

Komunitas yang diketuai oleh Bapak Iqbal ini telah menjadi bagian dari Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau bisa disebut dengan “Fespati Formi”. Karena sudah menjadi bagian dari Fespati Formi, tentunya anggota dari komunitas ini bisa memiliki kartu keanggota yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Bagi pemula yang ingin mengenal dan mengetahui olahraga panahan, Komunitas Al-Ihsan Archery ini juga menyediakan alat-alat seperti,busur,panah hingga pelindung jari. Jadi, untuk sobat yang ingin mencoba, bisa menggunakan alat yang disediakan oleh komunitas dulu. Lalu jika sobat tertarik untuk melanjutkan olahraga ini, barulah sobat bisa menyicil untuk pembelian alat-alatnya.

Tak hanya untuk berlatih, bagi Sobat yang ingin meraih prestasi dari cabang olahraga panahan ini, Al-Ihsan Archery bisa menjadi jalan pintas Sobat Halal untuk mengikuti berbagai perlombaan. Seperti yang di adakan pada hari Sabtu, tanggal 21 November 2020, Komunitas ini telah melakukan seleksi bagi para atlet yang ingin mengikuti perlombaan FORPROV 2020 Jawa Barat yang diadakan pada tanggal 5-6 Desember 2020 mendatang.

Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut, Sobat Halal bisa mengunjungi laman Facebook @Al ihsan Archery atau instagram @alihsanarchery, dan sobat juga bisa melihat bagaimana keseruan latihan panah di komunitas ini, pada channel youtube Al Ihsan Archery Official.

Ingat selalu, jaga kesehatan dengan rutin berolahraga ya Sobat Halal!

Bagikan:

Menu