IPAL, Pengolah Limbah Laboratorium

tahukah kamu ? Bahwa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)  atau yang sering disebut sebagai ipal laboratorium berperan sangat penting dalam mengolah limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan di laboratorium. Kenapa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bahayanya Limbah Laboratorium

Limbah cair laboratorium merupakan limbah sisa bahan kimia yang telah digunakan, sisa sampel yang telah diuji ataupun air bekas cucian peralatan. Karakteristik limbah cair laboratorium ini dapat dikategorikan sebagai limbah dengan bahan berbahaya dan beracun (B3). Kenapa? Karena sebagian besar unsur-unsur yang terdapat dalam limbah cair laboratorium adalah logam berat seperti besi (Fe), mangan (Mn), krom (Cr), timbal (Pb), kadmium (Cd). Logam berat tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan keracunan (toksisitas) pada makhluk hidup.

Apabila limbah cair laboratorium ini langsung dibuang ke lingkungan, maka seiring bertambahnya waktu limbah tersebut akan merusak lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu, penanganan dan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun sangat perlu diperhatikan, mengingat bahaya yang akan ditimbulkan.

Perlu diperhatikan bahwa pengolahan limbah laboratorium B3 merupakan suatu proses yang bertujuan untuk mengubah karakteristik dan komposisi limbah B3 untuk menghilangkan, mengurangi sifat bahaya dan atau sifat racunnya.

Pengolahan Air Limbah dengan Menerapkan IPAL

Jika tata kelola air limbah laboratorium tidak diatur dengan baik, maka lingkungan sekitar akan tercemar, risiko bencana pun semakin meningkat. Salah satu solusi terbaik untuk mengurangi dampak negatif tersebut adalah dengan menerapkan IPAL.

Apakah itu IPAL?

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) adalah suatu perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang memproses atau mengolah cairan sisa proses produksi pabrik atau laboratorium, sehingga cairan tersebut layak dibuang ke lingkungan.

Dengan menerapkan IPAL, diharapkan risiko tercemarnya air dapat diminimalisasi sehingga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, atau memasak.

Fungsi, Tujuan, dan Manfaat IPAL
Fungsi IPAL

Instalasi Pengolahan Air Limbah berfungsi untuk mengolah limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan manufaktur industri, komersial, dan laboratorium.

  1. Menetralisir Kontaminan

Sebagaimana Anda ketahui, limbah sisa hasil kegiatan di laboratorium mengandung racun berbahaya yang dapat menimbulkan kontaminan, baik fisik, kimia, maupun biologis.  Racun limbah industri tidak hanya dapat mencemari air, melainkan juga merusak tanah, lingkungan sekitar, dan menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, dengan menerapkan Instalasi Pengolahan Air Limbah, risiko tersebut dapat diminimalisasi.

Tidak hanya menghilangkan kontaminan, pengolahan air limbah juga dapat membuat lingkungan lebih sehat, kebersihan air terjaga, udara pun bebas polusi dan aman untuk dihirup.

  1. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Berkat tata kelola air limbah, lingkungan di sekitar laboratorium terbebas dari kontaminasi racun yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi manusia, merusak struktur tanah, dan memicu kematian makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan.

Tujuan IPAL

Tujuan utama IPAL adalah untuk menyaring dan membersihkan air yang tercemar limbah domestik maupun limbah kimia industri.

Manfaat IPAL

IPAL tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, melainkan juga berdampak baik untuk lingkungan sekitar, termasuk hewan dan tumbuhan.

Adapun sejumlah manfaat Instalasi IPAL, antara lain sebagai berikut.

  1. Mengolah air limbah agar dapat digunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  2. Membuat aliran air menuju sungai menjadi bersih dan layak digunakan.
  3. Efektif menjaga tumbuhan yang ada di dalam tanah dan air terbebas dari kematian akibat racun.

Bagaimana? Sudahkah kamu menyadari tentang betapa berbahayanya limbah hasil laboratorium ini? Jika sudah, maka sudah selayaknya kita menggunakan IPAL untuk kepentingan bersama. Maka mulai saat ini, marilah bersama-sama kita menjaga diri sendiri serta menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita.

Gunakan IPAL laboratorium yang bagus karena bagaimanapun untuk masa depan yang lebih aman.

Hubungi kami untuk infomasi lebih lanjut. Terima Kasih.

atau anda bisa cek di website opal laboratorium

Ipal Laboratorium

Bagikan:

Menu