Elbow, Si Penyelamat Aliran

Perusahaan industri mana yang menginginkan operasi bisnisnya berhenti? Setiap perusahaan industri pasti ingin perusahaannya tetap terus berjalan tanpa merusak lingkungan. Sistem perpipaan merupakan bagian yang selalu ada dalam industri. Misalnya: industri gas, air minum, industry kimia serta obat-obatan. sehingga sekarang ini perusahaan-perusahaan ini membeli dari pen jual elbow dan beli fitting elbow jakarta.

Dalam aplikasinya di dunia industri, pipa lazim digunakan untuk menyalurkan aliran (fluida) yang memiliki tekanan, temperatur, serta sifat fisik dan kimia yang dapat mengakibatkan efek negatif serius pada kesehatan dan lingkungan jika sampai terlepas ke udara bebas.

 

Kegagalan dalam sistem perpipaan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti penghentian operasi pabrik untuk perbaikan yang tidak terjadwal, atau bahkan kerusakan lingkungan dan hilangnya nyawa manusia. Dalam aplikasi kesehariannya, ada banyak sekali bentuk dan model pipa. Seperti pipa bentuk elbow, mitter, tee, reducer, cross, dan lainnya.

 

Mengenal Elbow

 

Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk mengatur arah aliran? Ya, mungkin hal ini pernah Anda rasakan saat Anda di rumah atau bagi Anda yang bekerja di dunia industri. Tidak jarang, untuk membelokkan air tersebut, ada satu alat yang dinamakan dengan Elbow. Elbow ibarat siku pada tangan kanan dan kiri kita. Secara tidak langsung, Elbow merupakan sudut pipa yang membantu untuk membelokkan air. Ternyata, elbow juga sering disebut oleh masyarakat sambungan “L”.

 

Fungsi Elbow

Tidak hanya untuk mengubah arah aliran, elbow juga berfungsi untuk membuat pipa menjadi lurus, megubah diameter pipa atau membuat cabang agar aliran mengalir dengan lancar. Kehadiran elbow memang sangat dibutuhkan mengingat selama ini pemasangan pipa tidak hanya di tempat yang lurus saja. Bayangkan, jika tidak ada elbow, bisa jadi aliran menembus penghalang yang pada akhirnya tidak mengalir sesuai dengan arah yang kita inginkan.

 

Jenis Ukuran Elbow

Pada dasarnya, ukuran elbow bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sudut atau belokan yang dilalui oleh pipa memiliki sudut yang beragam. Di pasaran, berbagai jenis ukuran itu seperti elbow 45 derajat, 90 derajat, elbow dengan drat luar dan dalam. Agar pipa menjadi aman, biasanya elbow juga dilapisi lapisan khusus atau digabung dengan pipa lain. Sehingga, dapat menghindari kebocoran aliran yang tidak diinginkan.

 

Bahan pembuat Elbow

Saat Anda membeli elbow pastikan Anda lebih teliti lagi dengan bahan dari elbow itu sendiri. Jenis bahan terbaik Elbow adalah stainless atau carbon steel. Bahan stainless adalah jenis bahan yang mudah untuk dibersihkan lantaran terbuat dari campuran mangan, silikon, nikel, karbon, kromium, dan karbon. Kromium adalah jenis bahan yang mampu menjaga logam dari korosi. Nikel berfungsi pelindung dari karat. Maka, bahan elbow yang terbuat dari stainless tentu akan lebih tahan lama. Pastikan Anda membeli elbow dengan “quality control” yang baik. Jika tidak, akan berbahaya pada keamanan aliran.

 

Lantas, bagaimana membersihkan elbow yang terbuat dari stainless ini? Ya, gampang sekali. Pertama, cuci dan keringkan dengan lembut. Jika ingin membuatnya mengkilat gunakanlah cuka putih dan sedikit air. Kedua, gunakan pasta gigi untuk menemukan noda yang membandel. Gosok dengan bahan yang lembut seperti spons. Terakhir, gosok dengan lembut lalu bilas dengan air dan keringkan.

Jika perusahaan Anda bergerak di bidang industri dan sering menggunakan elbow, kami sarankan untuk memilih elbow dengan kualitas yang baik dan pelayanan yang prima. Kami hadir untuk menjawab kebutuhan Anda di bidang industri, elbow salah satunya. Adanya stok yang lengkap dan kualitas dari brand-brand Eropa dan Asia menjadi nilai lebih kami. oleh sebab itu, ada perusahaan yang jual elbow  yaitu perusahaan alvindocs mereka sepealis pipa dan fitting elbow jakarta. untuk lebih lanjut anda bisa melihat di link tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan:

Menu