Mengintip Kampung Wisata Cinangneng Sebagai Destinasi Liburan

Kampung wisata Cinangneng adalah tempat wisata yang memiliki konsep berbeda dari tempat wisata pada umumnya. Tempat ini mengajukan konsep alam dengan gaya khas pedesaan yang dapat dijadikan sarana edukasi untuk anak-anak. Tak mau kalah dengan tempat wisata lainnya, Cinangeng juga memiliki sederetan fasilitas demi kenyamanan pengunjung.

Kampung Cinangneng juga memiliki sederetan kegiatan yang asyik untuk dilakukan bersama keluarga. Nantinya Kamu juga akan diajarkan mengenal lebih dalam tradisi dan kebudayaan penduduk di sana. Dijamin liburan Kamu tak akan sebatas liburan biasa karena akan meninggalkan kesan liburan yang tak terlupakan.

Kampung Wisata Cinangneng

Kampung Cinangneng adalah tempat liburan yang paling cocok untuk anak-anak sekolah. Pasalnya mereka tak hanya menikmati keindahan alam saja namun, akan diajarkan beberapa kegiatan seperti kebudayaan, dan pertanian sembari menikmati keindahan alam indonesia.

Tak heran tempat ini selalu ramai oleh wisatawan baik dalam negeri hingga turis mancanegara. Kampung wisata yang ini didirikan oleh Hester Basoeki sebagai tempat bermain anak-anak Bogor. Beliau adalah menteri pariwisata yang mencanangkan program pulang kampung dengan pendirian tempat wisata.

Di kampung wisata cinangneng, Kamu dapat sekaligus mengenal budaya Jawa Barat mulai dari alat musik, kerajinan, hingga kegiatan bercocok tanam yang bisa dilakukan. Tentu liburnmu akan semakin berkesan jika menghabiskan waktu liburan di sini.

Lokasi Kampung Wisata

Kampung wisata cinangneng terletak di Bogor tepatnya di Babakan Kemang, yang termasuk Kecamatan Ciampea. Lokasi ini tak jauh dari institut ternama Indonesia, yakni Institut Pertanian Bogor. Jarak tempuhnya cukup dekat dari stasiun Bogor yakni sekitar 13 km saja.

Sedangkan jika ditempuh dengan kendaraan pribadi menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Kamu bisa dengan mudah mencapai lokasi ini jika menggonakan Google maps karena lokasinya memang mudah dijangkau.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kampung Cinangeng

Salah satu hal yang membedakan kampung wisata ini adalah kegiatan yang ditawarkan. Tak hanya dipuaskan dengan melihat alam, Kamu juga bisa menikmati budaya masyarakat sekitar, alat musik, hingga berlatih melakukan cocok tanam. Tak heran jika tempat ini ramai dikunjungi oleh anak-anak sekolah hingga mahasiswa.

Tiket wisata dijual dengan sistem sewa per hari. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi field trip dari pagi hingga petang. Harganya disesuaikan dengan daftar kegiatan yang dilakukan. Berikut adalah referensi kegiatan  favorit di kampung wisata cinangneng.

Bermain Alat Musik dan Belajar Tari

Kegiatan pertama yang dilakukan saat berwisata di Kampung Cinangeng adalah bermain alat musik. Suasana liburan akan semakin kental dengan nuansa alam yang asri ditambah dengan alunan musik tradisional khas pedesaan.

Alat musik yang bisa dimainkan adalah alat musik khas Sunda seperti gamelan Sunda, angklung, dengan diiringi oleh nyanyian khas Sunda. Kampung Cinangeng juga bisa menjadi salah satu alternative belajar tari tradisional khas Sunda.

Tari yang banyak dipilih adalah tari jaipongan lengkap dengan baju adat tarian. Sehingga membuat Kamu semakin syahdu dalam menikmati setiap lenggak lenggok tariannya. Belum lagi ditambah dengan iringan lagu Sunda membuat Kamu semakin menghayati setiap gerakan.

Belajar Membuat Jamu dan Kue, serta Menanam Padi

Kegiatan lain yang tak kalah menarik di tempat ini adalah membuat jamu dan kue. Kamu akan diajarkan bagaimana membuat kue tradisional sebagai menu andalan yakni putu dan bugis. Tak hanya itu saja, Kamu juga bisa merasakan bagaimana proses pembuatan jamu herbal.

Tentunya kegiatan ini akan menjadi pengalaman wisata tak terlupakan. Berwisata di Kampung wisata Cinangneng Bogor juga membuat Kamu berkesempatan untuk mengenal bagaimana bercocok tanam secara nyata.

Kamu akan diajarkan bagaimana menanam padi dengan baik dan benar. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama anggota keluarga sehingga semakin membuat wisata menjadi lebih istimewa.

Memandikan Kerbau

Kegiatan memandikan kerbau adalah kegiatan langka yang tak bisa dirasakan oleh semua orang. Tapi tenang, karena di tempat ini Kamu bisa merasakan memandikan kerbau di sungai sembari bermain bersama kerbau.

Tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan untuk dilakukan karena dapat mengembalikan memori masa kecil serta melatih keberanian. Kegiatan yang bisa dilakukan di Kampung Cinangeng tentunya kegiatan istimewa yang sarat makna.

Tak heran jika banyak keluarga memilih tempat ini sebagai tujuan wisata akhir pekan mereka. Sembari menghilangkan penat bisa juga dilakukan untuk menambah keterampilan. Oleh karena itu, segera cari dan tentukan destinasi akhir pekan Kamu di kampung wisata Cinangneng.

Bagikan:

Menu