5 Manfaat dan Khasiat Kurma Ajwa

Jika puasa kita sering sekali mengkonsumsi buah kurma saat buka. Selain rasanya manis buah kurma ini memiliki banyak khasiatnya. Buah kurma ini merupakan hasil biji pohon palma yang biasanya hidup di sekitar Timur Tengah. Pohonnya berukuran sedang mulai dari 15 sampai 25 meter tergantung variasi. Terdapat banyak variasi kurma mulai dari kurma mejdool, kurma halawi, kurma Rotab, dan banyak lainnya. Salah satu kurma yang terkenal dan dianjurkan dalam agama Islam yaitu kurma nabi atau sering disebut kurma ajwa.   

Dalam hadist Muhammad SAW menyebutkan “jika anda makan 7 kurma ajwa setiap pagi, apapun racun atau sihir tidak akan menyakiti di hari itu”(HR Bukhori 5579).

Perbedaan antara kurma medjool, kurma rotab, dan kurma ajwa

Kurma ajwa ini datang dari dekat kota Madinah lebih tepatnya di daerah dataran tinggi nejed. Lalu apa perbedaanya dengan kurma mejdool dan kurma rotab? Selain tempat tumbuh kurma ini yang berbeda. Buah kurma ini memiliki ciri dengan tekstur lembut dan kering warnanya agak kehitaman tergantung dari kematangan.  Sementara itu kurma medjool atau biasanya sering disebut kurma ratu, kurma ini tinggal di daerah amerika. Umumnya mereka memiliki ciri- ciri bentuknya yang besar, seperti bantal teksturnya dan memiliki rasa yang kuat. Di Amerika biasanya kurma ini digunakan untuk pembuatan milkshake atau smoothier. Lalu ada kurma rotab atau kurma muda biasanya warnanya variasi dari merah, kuning, dan hijau tergantung dari tingkat kematengannya. Kurma ini rasanya seperti buah tomat mentah, liat dan lembet. Biasanya menurut agama Islam ini dianjurkan untuk wanita. Karena buah ini dapat membuat kesuburan, dan kelancaran persalinan.

Manfaat dari kurma Ajwa

Selain dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW dan rasanya yang lezat. Dalam jurnal ilmiah dipublish oleh Sciencedirect.com buah kurma ini mengandung serat, protein, dan karbohidrat. Terdapat kandungan fenolik dan flavonoid tertentu, yang memiliki efek pada Kesehatan manusia karena sifat aktioksidanya yang kuat. Selain itu beberapa khasiat buah kurma ajwa :

Kurma Ajwa ini memiliki kandungan kalsium.

Kurma ajwa terdapat kalsium dimana, kalsium sangat bagus untuk tulang dan gigi. Selain itu kurma kalsium sangat berperan penting dalam transmisi sinyal saraf yang ada di tubuh manusia.

Kurma ajwa memiliki kadar antioksidan yang bagus untuk tubuh

Seperti diatas bahwa terdapat kandungan flavonoid merupakan senyawa kimia yang biasanya sering ditemukan di tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan. Tentunya antioksidan ini membantu mempebarui sel-sel mati. Dengan ada antioksidan yang berperan aktif dapat mengurangi resiko kanker, diabetes dan hipertensi. Dan salah satu penelitian menyebutkan bahwa kurma dapat mengobati pasien kanker perut.

Kurma ajwa dapat mengatur tekanan darah

Dengan kadar antioksidan yang terkandung dalam flavonoid. Tentunya ajwa dapat mengurangi kadar hipertensi pada tubuh manusia.  Khasiat dari kurma ajwa ini dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu kurma ajwa dengan kandungannya tersebut dapat membantu fungsi ginjal lebih baik.

Kurma dapat membantu mengurangi berat badan anda

Dengan kurma ini gampang di serap oleh tubuh memberikan sensasi kenyang di badan. Selain itu kurma tersebut dapat mengurangi rasa lapar pada tubuh Oleh sebab itu, beberapa orang menggunakannya untuk diet mengurangi berat badan. Bukan berati memakan banyak akan mengurangi berat badan. Namun lebih menjaga sensasi rasa lapar.

 Ajwa memiliki serat yang bagus untuk tubuh

Kurma ajwa ini memang memiliki presentase tinggi karbohidrat. Namun bukan hanya itu terdapat 15 jenis garam dan mineral yang baik di serap tubuh. Selain itu terdapat 14 jenis asam lemak, 23 asam amino yang bagus untuk untuk. Tidak hanya itu kurma tersebut memiliki kandungan 6 vitamin. Memberikan penjelasan bahwa kurma ini memiliki serat dan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Bagikan:

Menu