Pahala salat dhuha sebagai salah satu memohon rezeki

Salat Dhuha merupakan salah satu salat sunnah yang begitu istimewa manfaatnya dan pahalanya. Banyak keutamaan bagi seorang muslim yang rutin melaksanakannya.

Manfaat salat dhuha sangat baik untuk jasmani dan rohani bagi seorang muslim. Waktu salat dhuha dapat dikerjakan 20 menit setelah matahari mulai terbit hingga 15 menit sebelum masuk waktu salat Dzuhur. Sebenarnya, pelaksanaanya tidak jauh berbeda dengan salat 5 waktu, yakni dapat dikerjakan 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan masing-masing rakaat diakhiri satu salam.

Pahala salat Dhuha dikenal sebagai salah satu salat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah Swt.

Tata Cara Salat Dhuha

Salat Dhuha dikerjakan sebanyak dua rakaat salam-dua rakaat salam. Adapun jumlah rakaatnya, minimal dua rakaat.

Rasulullah terkadang mengerjakan salat dhuha sebanyak empat rakaat, kadang pula delapan rakaat. Namun, sebagian ulama tidak membatasi. Ada yang mengatakan 12 rakaat, ada juga yang mengatakan bisa lebih banyak lagi hingga waktu dhuha habis. Pelaksanaan salat dhuha dilakukan secara sendiri (tidak bisa berjamaah).

Dari sekian banyak keistimewaan yang didapat dari salat Dhuha, tidak hanya pahala saja yang didapat, tetapi banyak keutamaan pula yang didapat bagi seorang muslim. Berikut ringkasannya, dilansir dari berbagai sumber:

1. Waktu yang Tepat Doa Diijabah

Pertama, manfaat salat dhuha untuk meminta jodoh ternyata benar adanya. Hal tersebut tertulis dalam Alquran surat Al-Isra ayat 78.

Allah Swt. Berfirman:

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)”. (Q.S. Al-Isra: 78).

Demikianlah, penjelasan dari surat di atas berisi tentang pengertian jika salat dhuha merupakan jam yang paling tepat dan waktu yang diijabah untuk berdoa.

Jika di waktu ini Anda melaksanakan salat, maka saat itu juga para malaikat turun ke bumi yang bertujuan untuk menyaksikan slatanya kaum mukmin. Jadi, jika Anda berdoa untuk mendapatkan jodoh pada waktu salat dhuha, maka bukan tidak mungkin doa akan dikabulkan oleh Allah Swt.

2. Dimudahkan Segala Urusannya

Manfaat salat dhuha yang kedua, yakni bisa memudahkan segala urusan Anda. Allah memberikan berbagai keistimewaan di waktu dhuha karena tidak hanya pahala yang diraih, tetapi keutamaan dalam hal kebaikan pun Allah berikan untuk hamba-Nya.

Dengan dimudahkannya segala urusan, maka hal ini menjadi bukti keajaiban yang akan timbul saat Anda menjalankan salat Dhuha yang khusyuk dan ikhlas.

3. Wajah Terlihat Lebih Bersinar

Keajaiban salat dhuha lainnya dapat dikaitkan dengan wajag yang lebih terlihat bercahaya bagi muslim yang istiqomah mengamalkannya.

Wajah mereka terlihat lebih cerah dikarenakan hampir tiap saat membasuh wajahnya sendiri paling sedikit lima kali sehari. Apalagi ditambah dengan melaksanakan salat Dhuha.

4. Menyehatkan Organ Jantung dan Ginjal

Jantung dan ginjal yang sehat bisa Anda dapatkan manfaatnya saat melakukan salat Dhuha setiap hari.

Ketika Anda ingin melaksanakan salat Dhuha menjelang waktu salat Dzuhur, maka ini waktu yang tepat untuk mengurangi dampak penyakit dari jantung dan ginjal. Hal ini dikarenakan situasi bumi yang sedang berangsur panas pada siang hari. Keadaan bumi tersebutlah yang bisa mempengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaan.

5. Pahala Salat Dhuha Sebagai Sedekah

Keajaiban lainnya yang belum diketahui orang banyak adalah sedekah yang bisa digantikan hanya dengan melaksanakan salat Dhuha.

Seperti ditulis dalam hadist

“Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar Ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat”. (HR. Muslim).

6. Pahala Salat Dhuha Menggugurkan Dosa

Terakhir, manfaat salat dhuha dapat menggugurkan dosa-dosa meskipun dosanya sebanyak buih di lautan. Perkataan tersebut diambil dari hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Demikianlah pahala sekaligus manfaat yang bisa didapatkan jika Anda istiqomah mengamalkan salat Dhuha. Wallahu A’lam Bishowab. 

Bagikan:

Menu