Simak 3 Manfaat Sedekah Dalam Bisnis

“Lebih baik tangan di atas daripada tangan yang di bawah”. Sobat Halal, pernahkah Anda mendengar kata-kata tersebut? Ya, kalimat tersebut pernah disampaikan oleh Baginda Rasulullah saw, sebagaimana diriwayatkan Hakim bin Hizam radhiyallahuanhu. Hadis tersebut mengajarkan untuk bersedekah.

Sedekah adalah pemberian kepada orang lain secara ikhlas tanpa adanya batas waktu dan dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, jika Sobat Halal pernah memberikan kepada seseorang walaupun itu dalam bentuk uang, jasa bahkan senyum yang bisa membawa dampak baik bagi orang lain, maka itu sudah termasuk ke dalam sedekah.

Tidak hanya itu, sedekah juga dianjurkan dan memiliki banyak manfaat, salah satunya dalam menjalankan bisnis atau usaha. Sebuah bisnis tidak akan lancar jika hanya mengandalkan usahanya saja, namun ada juga aspek lain agar mendukung bisnis tersebut menjadi lancar salah satunya sedekah. Kali ini, tim redaksi akan membahas manfaat sedekah dalam berbisnis. Apa saja? Yuk simak.

1. Memperluas Pintu Rezeki


Saat kita bersedekah, maka selanjutnya itu merupakan jalan untuk membuka pintu rezeki. Hal tersebut juga telah dijelaskan dalam beberapa hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, yang mana Rasulullah bersabda “Hai anak Adam, infaklah, nafkahkanlah hartamu, niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.”

Sedekah juga dapat melipat gandakan rezeki. Hal ini juga telah tertuang dalam Al-quran surat Al-Baqarah ayat 261. Ayat tersebut berbunyi “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui”

Di dunia ini tidak ada satupun usaha yang terlepas dari campur tangan Allah swt. Tidak ada kerugian dalam bersedekah, ini pun sebagai bukti dalam menunjukkan ketaatan kepada Allah s.w.t yang telah memberikan rezeki kepada kita umat-Nya. Jadi, jangan takut bersedekah ya Sobat Halal. Jangan takut rezeki berkurang, tetapi sedekah yang Sobat Halal lakukan nantinya akan sebagai jalan untuk membuka pintu rezeki. Karena, sedekah merupakan kunci untuk membuka limpah karunia Allah swt.

2. Harta yang berkah
Manfaat sedekah dalam berbisnis lainnya yaitu mendapatkan keberkahan dari Allah swt. Maksudnya, sedekah yang kita berikan tidak akan membuat kita kekurangan, namun. seperti yang juga telah dijelaskan pada poin nomor 1, selain membuat pintu rezeki menjadi lancar, rezeki yang kita hasilkan melalui bisnipun mendapatkan keberkahandari Allah S.W.T.

3. Bisnis Menjadi Lancar


Sedekah tidak akan merugikan usaha seseorang. Jika dilihat dengan logika, bersedekah membuat kita berkurang karena memberikan harta kita kepada orang lain. Namun, harta yang dikeluarkan tadi akan diganti dengan harta yang berlipat sesuai dengan janji Allah s.w.t. Dalam bisnispun, selain harta diganti oleh Allah, bisnis dapat menjadi lancar. Secara logika, masih belum ada penjelasan mengenai hubungan sedekah dengan bisnis. Namun, banyak pengusaha dan pebisnis yang sukses merasakan keajaiban tersebut. Seperti salah satu aktris, yaitu Raffi Ahmad. Melalui akun instagramnya @raffinagita1717postingan tersebut menceritakan bahwa, semasa hidupnya di waktu kecil , berapa pun uang yang Ia punya, ia selalu menyisihkannya untuk memberikan kepada orang lain. Sekarang dapat kita lihat, Raffi Ahmad merupakan salah satu aktris ternama di Indonesia, bahkan bisnisnya sukses dimana-dimana. MasyaAllah

Tak hanya Raffi, Sobat Halal juga dapat menyimak kisah-kisah beberapa pengusaha dan pebisnis lainnya yang juga merasakan keajaiban sedekah dalam bisnis, yang salah satunya terbukti membuat usaha mereka menjadi lancar. Dalam bisnis, sedekah jika dilakukan dengan ikhlas, maka kemudahan akan selalu menghampiri yang membuat bisnis Anda berjalan lancar.

Nah itulah manfaat sedekah dalam bisnis Sobat Halal. Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk selalu bersedekah dan membantu orang lain. Setiap usaha tidak bisa jika mengandalkan satu usaha saja, harus diiringi dengan doa dan amalan lainnya, karena pada dasarnya tidak ada usaha yang terlepas dari campur tangan yang maha kuasa. Sekian dulu info dari tim redaksi. So, jangan takut bersedekah ya Sobat Halal, berlomba-lombalah melakukannya dan dengan niat yang ikhlas. Niscaya Allah swt akan membalasnya.

Bagikan:

Menu